Breaking News

Memanaskan Mesin Pengawasan, Jajaran Pengawas Pemilu Lakukan Penguatan Kelembagaan


LAHAT, SRN – Memanaskan mesin pengawasan, Bawaslu Lahat gelar Fasilitasi Pembinaan dan Penguatan Kelembagaan Bagi Panwaslu Kecamatan Se- Kabupaten Lahat.

Kegiatan Fasilitasi Pembinaan dan Penguatan Kelembagaan Bagi Panwaslu Kecamatan Se- Kabupaten Lahat yang dilaksanakan di Hotel Calista (14/09) itu dihadiri skitar 72 orang peserta. Tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah sebagai simbol kesiapan pengawas pemilu dalam dalam menghadapi tahapan pemilu 2024 mendatang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Lahat Nana Priana, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Ikhwan Zamroni, Koordinator Divisi Hukum & Penyelesaian sengketa Ario Kesuma Wijaya, Koordinator Divisi SDM, Organisasi & Diklat Mahlizah, Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas & Humas Andra Juarsyah, dan hadir juga Koordinator sekretariat Amrul Husni.

Nana menyampaikan dalam sambutannya, Pemilihan serentak 2024 sudah semakin dekat, 14 februari 2024 sudah dilaksanakan. “kami akan selalu memastikan jajaran pengawas dikecamatan dan desa harus menjalankan tupoksi dengan benar, karena pemilu serentak 2024 sudah didepan mata.” katanya.

Selanjutnya Kordinator Divisi SDM, Organisasi dan Diklat Mahlizah memberikan pandangan baru bahwa jajaran haruslah memiliki rasa integritas yang tinggi, karena menjelang pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 ini akan banyak hal yang mungkin akan berbeda dari pelaksanaan Pemilu sebelumnya. “jalin komunikasi disetiap jajaran sesuai struktur yang ada, selanjutnya selesaiakan secara musyawarah. Dan juga Silakan bekali diri guna menambah wawasan dalam menerima dan mengkaji laporan”.

Senada yang disampaikan oleh Kordiv. Hukum & Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Lahat, Ario Kesuma Wijaya. beliau menyampaikan bahwa koordinasi adalah kunci dalam berorganisasi, “bangun komunikasi dengan jajaran secretariat, dan juga tegak lurus dengan aturan yang ada”. tuturnya.

Sama hal yang disampaikan oleh Divisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi, Ikwan Zamroni. Beliau menyampaikan bahwa Untuk mewujudkan pemilu yang berintegritas maka perlu kerja sama dari semua pihak. Ia pun mengajak untuk bersama-sama mengawasi setiap tahapan pemilu. "silakan maksimalkan pengawasan disetiap tahapan, jajaran harus selalu siap dalam menjalan tugas sesuai dengan wilayahnya" tuturnya.

Diakhir kegiatan dalam sambutan, Koordinator Andra, Koordinator Divisi Pencegahan Parmas, dan Humas. Bahwa pengawas Pemilu haruslah semakin dimaksimalkan, “pengawasan disetiap tahapan haruslah semakin lebih baik dari periode sebelumnya, komunikasikan jika ada hal-hal yang mungkin berkaitan dengan proses tahapan pemilu diwilayah masing-masing”. (Siggi).

Tidak ada komentar