Breaking News

Luar Biasa, 1000 Penari Cantik Meriahkan Pesta Pembukaan Porprov XIV Sumsel Di Kabupaten Lahat


Lahat, SRN - Luar Biasa, Kata yang tepat Menggambarkan Pesta Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Sumsel 2023 di Kabupaten Lahat.

Setidaknya Ada 1000 Penari Cantik Yang menampilkan Tari Erai-Erai Khas Kabupaten Lahat, bahkan yang lebih menarik lagi Para penari yang berjumlah 1000 orang ini berasal dari Pelajar dan remaja yang berasal dari Kabupaten Lahat.

Terpantau Gubernur Sumsel H. Herman Deru yang nampak di dampingi Bupati Lahat H. Cik Ujang, SH., Memperlihatkan Ekspresi Kagum Hingga Memberikan standing applause.

Diketahui para penari yang tampil pada Pesta Pembukaan Porprov XIV Sumsel ini di motori oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat Drs. Suhirdin, MM., Melalui Sekretaris Dinas Pendidikan Lahat Dr. Hasperi Susanto, S.Pd., MM., mengatakan ini merupakan bentuk dari dukungan para pelajar hingga remaja di Kabupaten Lahat untuk mendukung suksesnya Ajang Porprov XIV Sumsel di Kabupaten Lahat.

Para pelajar dan remaja Lahat dikerahkan untuk penampilan tersebut. Aksi tarian mereka dipadukan dengan kostum pakaian kurung dan khas daerah berwara warni menambah semarak suasana di bawah cerahnya langit malam di Kota Lahat.

Busana yang dipakai penari dalam membawakan tari Erai-Erai yaitu baju kurung panjang, kain tumpal perahu, pending, anting-anting, serta aksesoris penunjang. Ujar Hasperi dirinya juga menambahkan tarian itu merupakan tarian khas daerah Kabupaten Lahat yang tercatat dalam registrasi warisan budaya tak benda Provinsi Sumatera Selatan.

Masih kata Hasperi, tari Erai-Erai merupakan tarian yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah etnik Lematang.

Daerah  asal tarian ini adalah ex marga Gumay Lembak, ex marga Puntang Suka Merapi, ex marga Pasirah IV Manggulyang selanjutnya menyebar ke beberapa daerah yang ada di wilayah Kabupaten Lahat.

Tari Erai-Erai merupakan tari yang mengungkapkan kegembiraan pada saat panen padi. Disebut tari Erai-Erai karena Erai-Erai artinya serai serumpun yang melambangkan meski bercerai-berai namun tetap satu ikatan. Tukasnya. (Siggi).

Tidak ada komentar