Breaking News

Gubernur Sumsel : Tegaskan Bahwa Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Ke XIV Di Kabupaten Lahat Tidak Ada Penundaan


Lahat, SRN - Gubernur Sumsel H Herman Deru menegaskan bahwa pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke XIV di Kabupaten Lahat tidak ada penundaan. Tetap dijadwalkan 17 September 2023 mendatang.

"Isu menyebutkan ditunda dan lainnya. Setelah melakukan pengecekaan di beberapa venue. Bahwa Lahat siap, dan pelaksaanaan Porpprov sesuai jadwal," tegas Gubernur Sumsel H Herman Deru didampingi Bupati Lahat H Cik Ujang SH, Rabu (16/8). Saat rapat koordinasi di rumah dinas Bupati Lahat. 

Dihadiri oleh Bupati Lahat H Cik Ujang SH, Wabup Lahat H Haryanto SE MM MBA, Ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi, Ketua Koni Lahat Kalsum Barevi, Sekda Lahat Chandra SH, Forkompimda dan perwakilan dari pihak Cabor.

Lanjutnya, hal yang dikhwatirkan terkait pelaksanaan Porprov ialah venue. Sementara dari hasil pengecekan dan pemantauan ke beberapa venue, bahwa pelaksanana cabor yang akan dipertandingan bisa dilaksanakan. "Tapi untuk panitia cabor juga harus melakukan pengecekan lagi terkait ukuran lapangan. Agar sesuai standar," bebernya.

Dirinya akan kembali datang dalam waktu sekitar satu atau dua minggu kedepan. Guna mengecek apakah seluruh venue sial termasuk fasilitas air dan transaportasi bagi para atlet dan official. Termasuk persiapan homestay dan lainnya.

Ditegaskannya bahwa agar seluruh pihak Kabupaten/Kota mulai membranding pelaksaam Porprov pada 17 September -24 September 2023 dan Kabupaten Lahat menjadi tuan rumah.

Selain itu, penekanan dan instruksi Gubernur Sumsel G Herman Deru. Agar Pemkab Lahat dapat memanfaatkan momen ajang olahraga yang mengumpulkan perwakilan dari seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Sumsel. Dengan mendorong dan mempromosikan wisata, budaya, UMKM dan lainnya yang menjadi ciri khas Kabupaten Lahat.

 "Porprov di Lahat ini momentum pengenalan sektor pariwisata, ekonomi,  sosial dan budaya. Jadi harus dimanfaatkan oleh Kabupaten Lahat," tegasnya lagi.

Sementara Bupati Lahat H Cik Ujang SH mengungkapkan1 bahwa pihaknya siap melaksanakan Porprov dan venue juga telah dikejar pembangunananya. Selain itu, pihak perusahaan juga ikut andil dalam pelaksanaan Porprov seperti untuk perbaikan dan pembangunan venue. 

"Jadi Lahat siap dan tidak ada keinginan penundaan," tegasnya.

Sekda Lahat Chandra SH menegaskan bahwa pelaksanaan Porprov 2023, dijadwalkan 17 September 2023 mendatang. Segala persiapan mulai dijalankan Pemkab Lahat dan stakeholder terkait lainnya termasuk perusahaan -perusahaan yang ada. Mulai dari atlet, venue, sarana dan prasarana seperti mess, homestay, hingga proses pelaksanaan lainnya.

Bahkan yang jadi perhatian utama dan dibahas ialah terkait menciptakan rasa aman dan nyaman bagi para kontingen serta tamu nantinya.

Pihaknya ingin, gelaran olahraga tingkat provinsi ini berkesan bagi para tamu. Untuk itu, seluruh kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) wajib menjadi LO. Atau Liaison Officer (naradamping), petugas yang menjadi penghubung antara tamu delegasi dengan panitia penyelenggara.

Menerapkan Senyum, Ramah, Sapa. Serta memastikan bahwa tamu dan kontingen meliputi kebersihan, keamanan dan kenyamanan. Terkait opening closing, pihaknya juga siap melaksanakan secara meriah dan gebyar. 

Ditambahkan Ketua KONI Lahat Kalsum Barefi, untuk kesiapan atlet terus diasah. Menjelang pelaksanaan Porprov, para atlet diikutkan dalam kejuaraan- kejuaran. Untuk target tentu juara umum, lantaran beberapa cabor unggulan optimis banyak mendulang emas. Lalu cabor yang akan dipertandingkan ada 44 cabor. (Siggi).

Tidak ada komentar