Breaking News

BBGR (Bulan Bhakti Gotong Royong) Masyarakat Ke - XX Dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke -51 Tahun 2023.


Lahat, SRN - Bupati Lahat H. Cik Ujang SH di dampingi Ketu TP PKK Kabupaten Lahat HJ. Lidyawati Cik Ujang S. Hut MM Hadir dalam Acara BBGR (Bulan Bhakti Gotong Royong) Masyarakat Ke - XX dan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke -51 Tahun 2023.

Acara yang dipusatkan di Lapangan PJKA kelurahan Gunung Gajah Tersebut diinisiasi oleh dinas PMD Lahat. 

Pantauan Media ini, acara ini juga dihadiri oleh Seluruh Camat Se- Kabupaten Lahat, Kades, Lurah, seluruh RT/RW dan Anggota PKK Kecamatan. 

Dalam laporannya, ketua Panitia Pelaksana sekaligus kepala Dinas PMD Kabupaten Lahat Darul Efendi SE MSi

Mengatakan, kegiatan ini didasari dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 42 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong, kegiatan dimaksud bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Tak lupa dirinya mengucapkan terimakasih kepada semua panitia yang terlibat dalam mensukseskan kegiatan ini, terlebih kepada pemerintah kabupaten Lahat yang dalam hal ini bupati Lahat H. Cik Ujang SH.

Dirinya juga menjelaskan, dalam kegiatan ini akan ada penyerahan bantuan bibit tanaman dan bantuan Alat Gotong Royong, tukas Darul efendi. 

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Hj Lidyawati Cik Ujang S Hut Mm dalam sambutanya mengatakan Dengan diadakannya kegiatan gotong royong masyarakat yang diselenggarakan di setiap desa diharapkan dapat menciptakan rasa kekeluargaan antar sesama anggota masyarakat.

"Mari kita menggerakkan semangat masyarakat di desa untuk aktif dalam pembangunan yang berlandaskan keswadayaan sebagai sistem nilai budaya yang telah menyatu dalam kehidupan masyarakat, dapat menjalin dan membina hubungan baik antar warga masyarakat serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional," ungkapnya.

Senada dengan itu Bupati Lahat, H Cik Ujang SH menyampaikan Pencanangan Bulan Bakti gotong royong masyarakat adalah agenda rutin tahunan Pemerintah yang selalu kita peringati setiap tahun secara menyeluruh di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kegiatan ini berawal dari upaya untuk membangkitkan nilai-nilai gotong royong yang berkembang dalam masyarakat sebagai bagian dari nilai budaya bangsa sehingga perlu dilestarikan untuk memperkuat integrasi sosial masyarakat di desa dan kelurahan serta memperkokoh kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Untuk mendukung pelaksanaan pelestarian nilai gotong royong mengelolakan kembali semangat gotong royong melalui meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membangun perlu dilaksanakan kegiatan seperti ini yang mengikutsertakan seluruh komponen masyarakat termasuk unsur instansi pemerintah dan organisasi lainnya seperti halnya PKK, dimana gotong royong itu merupakan salah satu program dari 10 program pokok PKK," sampainya. 

Bupati Lahat menambahkan, Gotong royong nasionalisme di Republik Indonesia khususnya di kabupaten lahannya semakin lama semakin pudar semakin lama semakin tergerus. Oleh sebab itu Pak bupati mengajak pada seluruhnya untuk bergotong-royong gotong royong," tutup Bupati.

Pencanangan BBGRM XX dan HKG PKK ke-51 ini ditandai dengan pemukulan Gong, kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh Bupati Lahat H Cik Ujang SH didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Hj Lidyawati Cik Ujang S Hut Mm beserta Unsur Forkopimda. (Siggi).

Tidak ada komentar